POD

Banyak Pengalaman, Matang, Tua….

Mungkin itu hal yang terlintas dibenak kita ketika ada yang menanyakan tentang “DEWASA”. Suatu tahap ketika seseorang telah mengalami lebih banyak proses hidup. Jadi memang tidak salah ketika orang lain mengasumsikan orang dewasa seperti yang disebut diatas. Memang demikian adanya.

Kalo gitu… kenapa masih ada saja pendidikan bagi orang dewasa??

Asumsinya memang mereka sudah memiliki banyak pengalaman hidup, kata orang jawa ” uwis mangan pait asine urip” – sudah banyak makan pahit asinnya hidup. Bukan begitu?!

Orang dewasa memang sudah memiliki kematangan hidup tapi bukan berarti mereka tidak membutuhkan pendidikan. Pendidikan toh untuk semua orang, kalaupun pada kenyataannya banyak yang belum merasakan proses dan manfaat pendidikan… Itu adalah mereka saudara kita yang belum beruntung. Dan bukankah pendidikan tidak melulu didapatkan dari sekolah formal?!

Orang dewasa belajar untuk memenuhi dan melengkapi kebutuhan mereka akan belajar. Mengembangkan hidup mereka. Jadi apa salahnya ketika orang dewasa memang benar-benar ingin belajar. Mereka toh memiliki wadahnya-memiliki sarana untuk mereka belajar.

Kalo pengen tau lebih banyak?! Jangan bosen baca ya…

Daftar Materi:

  1. Pengertian POD
  2. Karakteristik Warga Belajar Orang Dewasa
  3. Prinsip Belajar Orang Dewasa
  4. Teori Belajar Orang Dewasa
  5. Proses Belajar Orang Dewasa

-sedikit yang diberikan semoga tetap bermanfaat-

Tinggalkan komentar